#TanyaSains: Kenapa Daun Putri Malu Mengatup Saat Disentuh?

Kenapa kalau putri malu disentuh, daunnya mengatup?

Chalimah dyah – Chalimatussadiyah679@yahoo.co.id

 

Mengapa ya daun putri malu mengatup jika disentuh?
Mengapa ya daun putri malu mengatup jika disentuh?

SainsMe – Hallo Chalimah, putri malu atau yang bernama latin Mimosa pudica ini memiliki keunikan yaitu daunnya langsung mengatup begitu disentuh.

Eits, tapi gak cuma karena sentuhan aja loh putri malu bereaksi seperti ini tetapi juga karena rangsangan lain seperti goyangan, tiupan, maupun ketika ada rangsangan berupa panas. Gerakan menutup daun putri malu ini disebut seismonasti.

Gerakan menutup daun ini terjadi ketika bagian tertentu dari sel kehilangan tekanan tugor, yaitu tekanan pada dinding sel oleh air yang terdapat dalam vakuola (lubang sel) dan isi sel lainnya.

Jadi ketika tanaman diberikan rangsangan, bagian tertentu pada batang terstimulasi untuk melepaskan zat-zat kimia termasuk ion potasium yang memaksa air keluar dari vakuola dan air berdifusi keluar sel yang menyebabkan hilangnya tekanan dalam sel, sehingga sel menjadi kempis.

Perbedaan tekanan antara bagian-bagian tertentu dalam sel mengakibatkan mengatupnya lembaran daun. Rangsangan ini juga bisa diteruskan ke daun-daun lain yang berdekatan.

Para ilmuwan menduga bahwa kemampuan tanaman untuk menyusutkan bagian-bagiannya merupakan sebuah mekanisme pertahanan dari pemangsa.

Hewan pemakan tumbuhan sebagai pemangsa barangkali takut pada tanaman yang dapat bergerak cepat merespon rangsang dan akan lebih memilih tanaman yang diam saja ketika diberikan rangsang.

Pada tumbuhan putri malu coba kamu perhatikan deh warna daun bagian bawahnya pasti berwarna lebih pucat. Ketika daun menutup, bagian bawah yang pucat inilah yang terlihat di luar sehingga hewan yang tadinya ingin memakannya akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu dan kehilangan selera untuk memakannya.

Related Post

#TanyaSains: Mengapa Darah Berwarna Merah? Mau tanya dong. Mengapa ya, darah itu berwarna merah ?
#TanyaSains: Mengapa Lalat Terbang Sangat Cepat? Kenapa sih lalat itu terbangnya cepet banget? Sampai kalo kita mau nangkep ...
Bakteri Bakteri Baik Sahabat Manusia Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Bak...
#TanyaSains: Mengapa Kita Harus Beristirahat Pada Malam... Jika ada pertanyaan, mana waktu yang paling baik untuk beristirahat? Tentu ...
#TanyaSains: Mengapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya Sen... SainsMe, Kenapa sih kucing suka menjilat-jilat tubuhnya? Dan juga apa sebab...
#TanyaSains: Mengapa ya Telapak Tangan Selalu Berkering... Normalnya, tubuh manusia memproduksi keringat sebanyak 50 cc setiap jam. Na...
#TanyaSains: Mengapa ya Telinga Kadang-Kadang Berdengun... Telinga berdengung sangat menjengkelkan, apalagi sudah berada pada taraf me...