Dunia Hewan

Hati-Hati dengan Air Liur Komodo

Wow, ternyata mulut komodo dipenuhi dengan bakteri yang beracun!

Wow, ternyata mulut komodo dipenuhi dengan bakteri yang beracun!

SainsMe – Sebagai orang Indonesia, kita patut bangga karena ada salah satu hewan yang tergolong langka hidup di negara kita. Ya, hewan tersebut adalah komodo. Hewan yang hanya hidup di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur itu menjadi pusat perhatian banyak orang karena memang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Hewan yang juga tergolong hewan purba itu memang unik, dan karenanya Pulau Komodo sempat diajukan menjadi keajaiban dunia yang baru

Dibalik keunikan dari komodo, ternyata ada satu hal yang bisa dibilang cukup berbahaya dari hewan itu, yaitu air liurnya. Mungkin kamu juga pernah mendengar bahwa air liur komodo itu berbahaya dan beracun. Air liur tersebut dapat menyebabkan hewan yang terperangkap dalam mulut seekor komodo menjadi lumpuh karena keracunan. Ya, hal ini memang sangat menguntungkan komodo dalam memburu dan memangsa hewan-hewan lain, seperti rusa dan kambing.

Dari mana datangnya racun di dalam air liur komodo itu? Asal tahu saja, dalam mulut seekor komodo bersarang sekitar 50 bakteri! Wow, pantas saja air liurnya berbahaya. Apalagi, hampir semua bakteri itu bersifat patogenik. Bakteri patogenik ini sendiri adalah bakteri yang cenderung bersifat menginfeksi makhluk hidup sehingga menimbulkan efek sakit tertentu. Bakteri ini terus berkembang biak dan dapat menyebar dari satu komodo ke komodo lainnya. Penelitian terbaru menduga bahwa sumber utama hadirnya bakteri ini adalah kesehatan gigi komodo yang sangat buruk, sehingga menyebabkan bakteri leluasa berkembang biak di mulutnya.

Jadi, bagi yang tertarik mengunjungi komodo di Pulau Komodo sebaiknya berhati-hati ya. Biasanya sudah ada pawang yang menjaga supaya komodo tidak menyerang para pengunjung. Meski demikian, kita tetap perlu waspada agar jangan sampai tergigit oleh komodo. Dan jika tergigit, sebaiknya segera minta pertolongan agar bakterinya tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Advertisements

3 thoughts on “Hati-Hati dengan Air Liur Komodo

  1. aduh serem juga ya hewan komodo coba dong kak kasih beberapa paragraf yang 1 paragraf nya kalimatnya banyak biar aku bisa belajar juga kan untung gak harus nulis nani aku baca deh tiap hari spaya mengingat dan pintar horeeee……… sorry yah kalo yg ngasih ini ternyata cowok atau cewek bye bye
    kakak atau koko.

    Liked by 1 person

  2. tapi kok dischool aku banyakyg bilang kalo komodo itu ada yg beracun ada yg nggak bener gak sih tuh soalnya yg bilang bapakny selalu berpetualangan di pulau komodo ya jadi aku percaya aja soalnya komodo ya di fotoin dari jauh tapi sama camera nya dideketin ya aku percaya aja soalnya dia tuh orgnya bai dan dia jg lbh percaya bgt sama aku daripada sama yg lain,….

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s