#TanyaSains: Apa Saja Kandungan Vitamin dalam Buah Salak?

Apa aja kandungan vitamin dan khasiat yang terkandung dalam buah salak?

Hariyanto – antoluphbultang@ymail.com

Apa vitamin yang terkandung dalam buah salak? (Foto: Wikimedia.org)
Apa vitamin yang terkandung dalam buah salak? (Foto: Wikimedia.org)

Sains.Me – Halo Hariyanto, kamu pasti penggemar buah salak ya.  Satu biji buah salak ukuran sedang dengan berat sekitar 100 gram mengandung 60 – 80 kalori dari total karbohidrat yang dikandungnya. Buah salak juga mengandung 4% serat yang baik untuk pencernaan.

Selain karbohidrat dan serat, salak juga mengandung beta karoten yang baik untuk mata kita. Menurut Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, beta karoten yang terkandung dalam 1 biji buah salak kira-kira 5,5 kali lebih banyak dibandingkan yang ada di mangga, 3 kali lebih banyak dari jambu merah dan 5 kali lebih banyak dari semangka. Salak juga mengandung Vitamin C yang baik untuk kulit kita. Banyak makan salak gak bikin gendut kok karena kandungan lemaknya cuma 1% aja. Kalau kamu takut sembelit kebanyakan makan salak, jangan kupas kurit arinya karena disitulah letak kandungan serat terbesarnya.

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa makan buah salak bisa membuat kita sulit buang air besar alias sembelit. Namun penelitian lebih lanjut menyatakan bahwa hal itu hanyalah sebuah mitos. Lebih lengkapnya baca di artikel ini.

Related Post

Mengapa Amerika Disebut Negara Paman Sam? Awal julukan Paman Sam diambil dari nama seorang lelaki bernama Samuel Wils...
#TanyaSains: Apa Bahayanya Kebiasaan Menggigit Kuku? #TanyaSains: Saya ingin bertanya. Apa penyebab seseorang semacam 'kecanduan...
#TanyaSains: Mengapa Gatal tidak Boleh Digaruk, ya? Dear SainsMe, Aku mau tanya nih.. Kenapa sih kalau kulit gatal, Ibu selalu ...
Inilah Fungsi Garis Hitam Putih Zebra Sebenarnya apa sih fungsi dari belang hitam putih zebra ini?
#TanyaSains: Mengapa Anggota Tubuh Mengeluarkan Bunyi G... Mengapa punggung, leher, dan jari manusia bisa mengeluarkan bunyi 'klethuk/...
Manfaat Kerikil di Antara Rel Kereta Api Kerikil kerap diasosiasikan dengan sesuatu yang negatif. Kerikil biasanya d...
#TanyaSains: Mengapa Ada Wanita Berkumis? Hi SainsMe, kumis lazimnya dijumpai pada laki-laki, tapi ada juga beberapa ...