#TanyaSains: Apa Bahaya dan Manfaat Minum Kopi?

Dear SainsMe, Saya ini pecandu berat kopi. Adakah batasan atau bahaya minum kopi berlebihan?

Terima kasih.
~~
Ira – meinnamesistira@gmail.com

Apa bahaya dan manfaat kopi bagi tubuh?
Apa bahaya dan manfaat kopi bagi tubuh?

SainsMe – Halo Ira, kamu suka minum kopi ya? Wah sama dong, tim SainsMe juga banyak yang suka sama minuman agak pahit ini. Apa ada bahayanya minum kopi? Tentu semua hal akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi berlebihan, tidak terkecuali kopi. Nah untuk lebih jelasnya mari kita bahas di artikel berikut ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, kandungan dalam kopi yang paling terkenal adalah kafein. Kafein ini dalam dunia kedokteran dimanfaatkan untuk merangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Itulah sebabnya beberapa orang akan mengalami jantung berdebar setelah meminum kopi. Sedangkan besar kandungan kafein di dalam kopi sendiri adalah sebesar 1 hingga 1,5 persen.

Lalu mengapa kopi bisa membuat kita sulit tidur? Nah di otak kita ada sebuah senyawa yang disebut adenosin. Senyawa ini bertanggung jawab dalam pembentukan perasaan lelah dan mengantuk. Sedangkan kafein memiliki mekanisme kerja memerangi fungsi senyawa adenosin ini, sehingga jika kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah tertentu kita akan susah tidur. Karena sifat kafein yang membalik pengaruh adenosin inilah, setelah meminum kopi kita akan merasa segar, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang serta tekanan darah naik. Hati juga akan melepaskan glukosa yang merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh kita. Itulah mengapa sebagian besar minuman pembangkit energi yang dijual di pasaran berbahan utama kafein.

Lalu apakah ada bahayanya? Seperti sudah disebutkan diatas, bila kita mengkonsumsi kopi atau kafein berlebihan ada banyak risiko kesehatan yang mengintai, diantaranya adalah gangguan yang berkaitan dengan jantung. Karena kafein mempengaruhi pola kerja jantung, maka jika kita mengkonsumi kopi hingga 5 gelas setiap hari, kinerja jantung juga pasti akan terpengaruh. Jantung yang “dipaksa” untuk memompa darah dengan lebih keras akan memperbesar risiko rusaknya pembuluh darah, sakit kepala, mudah gugup hingga stroke! HiiiSerem ya.

Selain itu kafein juga tidak baik bagi ibu hamil. Sebab peningkatan denyut jantung wanita hamil akan masuk melalui plasenta dan mempengaruhi sirkulasi darah di dalam tubuh janin yang tengah dikandungnya. Dan akibat paling buruk yang bisa terjadi adalah keguguran.

Nah, sudah punya gambaran kan tentang apa yang dan bagaimana kopi bekerja pada tubuh kita? Jadi mulai sekarang kamu harus bijak dalam mengkonsumsi kopi, karena kopi sebenarnya bisa membawa pengaruh baik jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Yuk, kita ngopi bareng kapan-kapan! (ak – Dari berbagai sumber)

Related Post

Kenali SPF sebelum Memakai Sunblock Pada artikel sebelumnya kita telah mengenali macam-macam sinar UV dan bahay...
#TanyaSains: Mengapa Kaki Sering Kesemutan? Hello admin, tanya dong. Kaki sering banget terasa dingin dan kesemutan. Ki...
Bagaimana Kembar Siam dapat Terjadi? Pasti kalian tidak asing dengan istilah kembar siam. Kembar siam adalah jen...
#TanyaSains: Mengapa Lari-Lari Bikin Capek dan Haus? Dear SainsMe, Saya penasaran, nih.. Kenapa kalau kita lari-lari selalu biki...
#TanyaSains: Apakah Berbahaya Keringat yang Berlebih? Ketika keringat berlebih muncul di area tangan, kaki, dan ketiak kondisi in...
#TanyaSains: Benarkah Minum Es Bisa Bikin Pilek? Bener gak sih, minum minuman dingin atau air es menyebabkan pilek dan batuk...
Trombosit, Si Keping Pembeku Darah Saat kamu atau temanmu terkena demam berdarah, salah satu hal yang banyak d...