#TanyaSains: Mengapa Lalat Terbang Sangat Cepat?

Kenapa sich lalat itu terbangnya cepet banget? Sampai kalo kita mau nangkep aja susah?

Meriesca Amanda ~ @ecahyun

Mengapa lalat terbangnya cepat sekali ya?
Mengapa lalat terbangnya cepat sekali ya?

SainsMe – Hai Meriesca, pasti kamu sebel banget ama lalat yang suka terbang-terbang di sekitar kamu. Nah rasa penasaran kamu juga tadinya dialami oleh peneliti dari California Institute of Technology (Caltech).

Dengan menggunakan video berkecepatan dan resolusi tinggi, mereka berhasil mengungkap kenapa lalat bisa cepet banget menghindar kalau mau ditepuk.

Michael Dickinson, seorang professor di bidang bioengineer dari Caltech yang menjadi pemimpin dalam riset tersebut mengemukakan bahwa kemampuan lalat untuk menghindar dari serangan ini karena cepatnya otak lalat untuk melakukan tindakan dan kemampuan untuk merencanakan apa yang akan dilakukan.

Para peneliti menemukan bahwa jauh sebelum lalat melompat ia mengkalkulasi lokasi serangan lalu membuat sebuah rencana pelarian. Sebagai ilustrasi, kalau kamu lihat lalat hinggap di suatu tempat, kamu akan melihat lalat tersebut menggosok-gosokkan kaki-kaki kecil mereka sebagai cara untuk membersihkan diri mereka.

Tapi, ketika ia melihat alat tepukan lalat, yang pertama kali akan ia lakukan adalah berhenti bergerak. Lalu, otaknya akan mengkalkulasi dari arah mana tepukan lalat akan datang, kemudian ia akan menggerakkan kaki dan badan dalam posisi baru sehingga ketika mereka melompat dengan mendorong kaki-kakinya, ia akan melompat jauh dari alat tepukan.

Tepat sebelum lalat melompat, ia sebenarnya menaikkan sayapnya dengan hati-hati sehingga ketika ia melompat ia dapat mengkoordinasikan lompatan tersebut dengan gerakan terbangnya.

Dalam waktu 0,1 detik, lalat mampu merencanakan manuver untuk melarikan diri dari ancaman.

Wow! Para peneliti menemukan bahwa lalat mampu menempatkan diri mereka dalam pergantian posisi yang cepat ini dalam keadaan apapun baik ketika sedang membersihkan diri, makan, atau berjalan.

Ini berarti bahwa lalat pastilah dapat mengintegrasikan informasi visual dari mata mereka yang mengatakan darimana ancaman datang dengan informasi sensori-mekanis dari kaki-kakinya yang mengatakan bagaimana untuk bergerak mencapai posisi terbang yang tepat.

Kalau kamu masih penasaran dengan eksperimen Professor Dickinson, kamu bisa membaca versi lebih lengkapnya di jurnal Current Biology.

Related Post

#TanyaSains: Apakah Hewan bisa Menangis? Mau tanya, apakah hewan-hewan juga bisa menangis seperti manusia? Jika iya,...
#TanyaSains: Dari Mana Ular Memperoleh Racunnya? SainsMe mau tanya dong, dari mana sih ular memperoleh racunnya? Terima kasi...
#TanyaSains: Kenapa Ada Tonjolan Kecil di Tombol “... Mengapa ya di tombol "F" dan "J" pada keyboard komputer terdapat tonjolan k...
#TanyaSains: Apa Bahaya dan Manfaat Minum Kopi? Dear SainsMe, Saya ini pecandu berat kopi. Adakah batasan atau bahaya minum...
#TanyaSains: Mengapa Gatal tidak Boleh Digaruk, ya? Dear SainsMe, Aku mau tanya nih.. Kenapa sih kalau kulit gatal, Ibu selalu ...
#TanyaSains: Sering Mengangkat Beban Berat Bisa Pengaru... Pertanyaan dari pembaca SainsMe: apakah mengangkat beban berat bisa mempeng...
#TanyaSains: Kurang Tidur Membuat Sekitar Mata Menghita... Tanya min, kok kalau kurang tidur, bawah mata kita bisa menjadi warna hitam...