#TanyaSains: Mengapa ya Telapak Tangan Selalu Berkeringat?

Meskipun, dalam ruangan ber-AC. Kenapa tangan berkeringat? Apa ada sebab kesehatan yang memicunya? Apa berbahaya? Terima kasih 🙂

~~
Hisni Munafarifana ~ @hanieby

 

Mengapa telapak tangan sering berkeringat?
Mengapa telapak tangan sering berkeringat?

SainsMe – Hai Hisni, penyebab telapak tangan berkeringat bisa sangat beragam. Beberapa orang sering mengaitkan telapak tangan yang berkeringat dengan gangguan organ dalam seperti jantung dan paru-paru. Well, hal tersebut tidak sepenuhnya salah, mengingat aktifitas jantung yang terlampau berat juga memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat berlebih.

Normalnya, tubuh manusia memproduksi keringat sebanyak 50 cc setiap jam. Nah jumlah ini bisa berubah seiring beberapa faktor. Beberapa penyebab produksi keringat yang “tidak normal” diantaranya adalah faktor keturunan, kegemukan, suhu lingkungan, gangguan pada ginjal, kelembapan udara hingga aktifitas metabolisme tubuh yang lebih keras dari biasanya. Ada satu lagi penyebab yang paling banyak dijumpai, yaitu kondisi emosional seseorang.

Gangguan emosional yang dimaksud contohnya adalah stress, ketakutan yang berlebih hingga rasa cemas. Misalnya saat kita sedang ujian dan tidak bisa mengerjakan soal. Biasanya rasa cemas yang muncul di saat seperti itu berpengaruh pada fisik kita, mulai dari keringat dingin, pusing hingga perut mulas.

Nah, setelah mengerti berbagai penyebab telapak tangan yang berkeringat, sekarang kamu bisa coba koreksi ke diri sendiri deh. Apakah ada faktor keturunan, berat badan yang berlebih atau malah kamu sedang stress. Untuk masalah-masalah yang tidak mungkin diatasi seperti faktor keturunan, ada baiknya kamu mulai memikirkan alternatif solusi akan keringat ini. Misalnya selalu membawa sapu tangan di saku atau dengan bedak khusus.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa keringat itu pada dasarnya baik karena menjadi salah satu sarana tubuh untuk “bernapas” dan membuang racun. Namun jika dirasa sangat mengganggu tidak ada salahnya kita berkonsultasi dengan dokter. (ak)

Related Post

Mengenal Blister, Luka Melepuh Pada Kulit Kamu mungkin pernah mengalami kondisi di mana kulitmu melepuh. Bukan hanya ...
Mandi Malam Hari Bikin Rematik? Ah Kata Siapa Pernah dilarang orang tua mandi malam-malam karena katanya dapat menyebabka...
#TanyaSains: Mengapa Gatal tidak Boleh Digaruk, ya? Dear SainsMe, Aku mau tanya nih.. Kenapa sih kalau kulit gatal, Ibu selalu ...
#TanyaSains: Mengapa Lalat Terbang Sangat Cepat? Kenapa sih lalat itu terbangnya cepet banget? Sampai kalo kita mau nangkep ...
Androfobia, Rasa Takut terhadap Pria Setiap bertemu pria, tubuh seorang penderita androfobia akan bereaksi denga...
Cara Hidung Mencium Bau Kita dianugerahi hidung untuk dapat mencium berbagai aroma. Tetapi sebenarn...
Hasil Studi: Orang Kesepian Lebih Mudah Terserang Penya... Relawan dengan kehidupan sosial yang kurang baik memproduksi antibodi denga...